Calon Dokter dan Suntik Narkoba

Ketika menunggu istri opname di RS pertengahan 2016, seorang calon dokter  jantung bertanya seputar cara hidup saya, termasuk apakah merokok dan apakah saya nyuntik. Saya bilang , sekarang sudah tidak merokok tapi masih nyuntik.

Ketika dia bersemangat ingin tahu, sejak kapan saya mulai nyuntik, saya bilang sudah nyuntik sejak kecil. Di kampung halaman saya, Bingin Teluk Rawas, Sumatera Selatan, dulu tidak ada dokter. Yang ada cuma tenaga kesehatan yang dipanggil Pak Mantri. Setiap pasien datang, apapun penyakitnya, selalu disuntik.

Cadok  menatap mata saya dalam, seolah baru melihat  muka aneh yang seperti wajah saya. Sejenak kemudian dia ngedumel, nampak kurang senang karena menganggap saya bercanda. Cadok segera
berlalu bersama teman-temannya.

Persepsi salah
IMG 20180129 093416 150x150 - Calon Dokter dan Suntik Narkoba
Suntuk

Cadok bisa saja mempersepsikan saya bergurau. Tapi saya serius  karena jawaban yang saya sampaikan benar fakta apa adanya.

Saya memahami persepsi Cadok,  mungkin karena masih muda, dia tidak punya pengalaman masa kecil di desa seperti saya. Kalau pun pernah di desa, sekarang semua desa sudah dilayani dokter yang lebih senang memberi resep atau obat dibanding memberi suntikan kepada pasiennya.

Juga sekarang dimana pun sudah jarang ditemui dokter yang mau menyuntik, kecuali suntikan untuk pembiusan. Dokter biasanya hanya menulis resep untuk dibeli di apotek atau toko obat.

Pengalaman di sekitar Kota Depok,  hanya dokter Hurus Diyanto di Pitara yang mau memberi suntikan. Setiap saya  datang langsung diditensi, biasanya setelah itu dia bertanya: “Suntik ya Bang?” Lalu cuuus, ditusuknya punggung saya pakai suntikan.

Efek suntikan dokter Hurus luar biasa cespleng. Contohnya, menjelang tutup tahun saya sakit  panas dan tak bisa jalan. Setelah disuntik, saya bisa ikut liburan keluarga ke Pulau Harapan, Kepulauan seribu. Selama dua hari  ikut menjelajahi pulau-pulau, seperti Pulau Bulat, Pulau Dolphin, Pulau Semut Besar, dan Pulau Matahari, termasuk melakukan snockeling di perairan Pulau Macan.

Tentu Cadok tidak salah bila keliru mempersepsi tentang nyuntik. Maraknya penyalahgunaan narkoba, telah mengubah persepsi orang tentang nyuntik, yaitu menggunakan narkoba.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *