Gangguan Jiwa

Arje oke 150x150 - Gangguan Jiwa
Mungkin saya gangguan jiwa?

Wakil Gubernur  (Wagub) Daerah Khusus Ibukota Jakarta, Sandiaga Salahuddin Uno mengungkapkan, 20% penduduk Jakarta terkena gangguan jiwa (read). Jika pernyataan pria yang akrab disapa Sandi itu benar, berarti ada sekitar 2,2  juta dari  sekitar 12 juta penduduk Jakarta terindikasi mengalami gangguan jiwa.

Bayangkan, lebih dari dua juta  orang yang terganggu jiwanya. Mereka tiap hari berseliweran di seantero ibukota. Artinya, tiap  sepuluh penduduk Jakarta yang kita temui,  dua di antarnya kemungkinan diindikasikan  mengalami gangguan jiwa.  Itu baru  mereka  yang pemegang KTP DKI Jakarta. Entah berapa orang penderita gangguan jiwa yang datang ke Jakarta dari Bogor, Depok, Tangerang, dan Bekasi?  Apalagi Jakarta merupakan ibukota negara, tentu banyak lagi penduduk dari pelosok Indonesia.

Maka bagi mereka yang bekerja di Jakarta, setiap hari mau tak mau akan bertemu dan bahkan bekerjasama dengan orang-orang yang terganggu jiwanya. Lalu  siapakah mereka? Mungkinkah kita juga termasuk salah satu di antaranya.

Enam ciri sehat jiwa

Menurut Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Dinas Kesehatan Kota Depok, Rani Martina (read), ciri  orang sehat jiwanya ada enam,  yaitu: Pertama, menyadari sepenuhnya kemampuan dirinya; Kedua, mampu menghadapi stress kehidupan; Ketiga,  mampu bekerja produktif dan memenuhi kebutuhan hidupnya; Keempat,  dapat berperan serta dalam lingkungan hidup; Kelima, menerima baik dengan apa yang ada pada dirinya, dan Keenam, merasa nyaman bersama dengan orang lain.

Rani Martina menegaskan, jika salah satu dari enam ciri itu sudah tidak ada lagi pada seseorang,  maka  orang tersebut sudah terindikasi  mengalami gangguan jiwa. Makin banyak ciri tersebut sudah tidak ada padanya, maka sudah pasti gangguan jiwanya makin akut. Orang seperti ini  perlu diwaspadai pergerakannya karena bisa membayakan orang lain. Bahkan orang yang sudah akut gangguan jiwanya, pantas dimasukkan ke rumah sakit jiwa.

Nah, jika terbersit pertanyaan  dalam fikiran Anda:  “Apakah saya dan atau orang di sekitar  saya mengalami gangguan jiwa?” Silakan merenung, apakah keenam ciri di atas masih ada pada Anda! Tapi biasanya orang yang mengalami gangguan jiwa, akan merasa dirinya sempuna.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *