Jadi Lebih Baik

Santai 1 150x150 - Jadi Lebih BaikJadi lebih baik, artinya hari ini lebih baik dari hari kemarin dan besok lebih baik dari hari ini. Begitu  pesan yang disampaikan Nabi Muhammad Saw pada umat manusia. Dengan demikian, ukuran sukses bagi seorang dalam menjalani kehidupan adalah menjadi lebih baik.

Memang ukuran sukses bisa dilihat dari banyak variabel: pendidikan, karier, ekonomi, dan keluarga. Pendidikan, karier, dan ekonomi biasanya sejalan. Makin tinggi pendidikan, maka karier pun kian mudah, sehingga ekonomi makin baik. Tapi keluarga tak selalu berhubungan dengan pendidikan dan karier. Bahkan tak selalu sejalan dengan keadaan ekonomi.  Bisa jadi dari segi pendidikan, karier, dan ekonomi  seorang tergolong sukses, tapi rumah tangganya berantakan. Bisa juga rumah tangga harmonis, tapi pendidikan dan karier tersendat.

Baik ahlak

Kalau merujuk pada nasehat Nabi Saw,  yang dimaksud jadi  baik adalah  baik ahlaknya. Hal ini sejalan dengan misi Nabi Saw diutus oleh Allah, yaitu untuk memperbaiki ahlak manusia. “Sesungguhnya aku diutus untuk menyempurnakan akhlak”, begitu kata Nabi (HR Bukhary).  Dengan demikian variabel utama untuk menilai seorang lebih baik adalah baik ahlaknya.

Ahlak dalam pendidikan atau keilmuan tergambar dari pendapat Abdullah bin Mubarak, bahwa ilmu itu ada tiga tingkatan. Kalau orang berada di tingkat pertama biasanya sombong. Orang yang berada di tingkat kedua biasanya tawadhu atau bijak.  Sedangkan mereka yang berada di tingkat ketiga merasa tidak tahu apa-apa.

Dalam mengejar karier seorang tidak menggunakan ilmu katak. Maju dengan jalan sikut kiri kanan dan tendang ke belakang.  Begitu juga untuk kekayaan, dia tak memperolehnya dengan menghalakan segala cara. Juga menggunakan kekayaan hanya  untuk kemaslahatan keluarga dan masyarakat sekitarnya. Kekayaan digunakan untuk memperbaiki ahlaknya  dan hubungan dengan Tuhannya.  Sedangkan ahlak dalam pergaulan dan keluarga dilihat dari bagimana dia menjaga silaturahim.  Kesuksesannya tercermin dari keharmonisan hubungannya dengan  keluarga, handai tolan, kerabat, sahabat, dan orang sekitarnya..

Memang agak sulit menggapai lebih baik pada semua bidang. Meski  sudah mencapai lebih baik di banyak bidang, tapi di bidang tententu kadang  susah jadi lebih baik. Namun, andai tak bisa jadi lebih baik, maka usahakan agar tidak jadi lebih buruk.

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *