Jangan Seperti Ayam

Seperti ayam adalah seperti sifat ayam. Jangan seperti ayam merupakan anjuran agar menghidari sifat buruk hewan yang bernama ayam. Tulisan ini tidak bermaksud merendahkan simbol atau semboyan yang menggunakan ayam, seperti ayam Kinantan. Apalagi untuk melecehkan tempat ibadah yang menggunakan lambang ayam, seperti Gereja Ayam. Tujuannya semata mengingatkan, agar jangan meniru sifat buruk  ayam. Apalagi mau diperlakukan orang  seperti ayam.

Rakus dan bodoh
Ayam 2Bdiwoco.com  150x150 - Jangan Seperti Ayam
Ayam -diwoco

Salah satu sifat buruk ayam adalah rakus dan bodoh.  Lihatlah kelakuannya, meski di dekatnya ada segudang makanan, masih saja terjadi perebutan. Ayam tidak pernah bisa makan bersama secara damai. Mereka akan selalu berkelahi dan saling menyingkirkan untuk memperebutkan makanan.

Bodohnya, perkelahian tersebut kadang berlangsung lama, sehingga makanannya habis  dinikmati hewan yang datang belakangan.

Perebutan ini tidak hanya terjadi antara  sesama ayam jantan. Juga antara jantan dan betina atau sesama betina.  Biasanya ayam jantan hanya baik pada betina yang  ingin dikawininya.

Dongeng kebodohan ayam

Kebodohan ayam tergambar dalam dongeng  berikut. Dua ekor ayam berebut  sepotong makanan. Masing-masing merasa dicurangi sehingga mereka bertengkar tak berkesudahan.  Karena tak mungkin ada penyelesaian, mereka datang menemui monyet,  minta bantuan memperoleh keadilan. Monyet menerima keduanya  dengan suka cita karena ada peluang  menggairahkan.

Mula-mula monyet membagi makanan tersebut menjadi dua bagian, lalu ditimbang.  Ketika timbangannya berat sebelah, monyet menggigit bagian makanan yang  lebih berat,   lalu menimbangnya kembali. Ternyata timbangan tersebut tidak pernah sama,  sehingga monyet  terus menerus menggigit makanan tersebut sampai habis. Akhirnya monyetlah yang kenyang, sedangkan kedua ayam tidak kebagian.

Cerita ini  mirip dengan  mereka yang berebut harta warisan. Sesama saudara bertengkar, masing-masing menuntut mendapatkan lebih banyak bagian. Pertengkaran tersebut tak berkesudahan, sehingga mereka sepakat membawa perkaranya ke pengadilan. Masing-masing menyewa pengacara handal agar bisa menang  Terjadilah debat panjang dan bersitegang.  Lalu pada akhir cerita, harta mereka ludes untuk membayar honor pengacara. Sedangkan dua bersaudara yang bodoh seperti ayam, hanya gigit jari kehilangan warisan.

Gampang dimanfaatkan
Arena Sabung Ayam kompas regional 150x150 - Jangan Seperti Ayam
Sabung Ayam -kompas

Contoh ayam yang  gampang dimanfaatkan adalah ayam kampung.   Status resminya sebagai ayam peliharaan, tapi hanya  dilepas berkeliaran  mencari makan, lalu hasil telur dan dagingnya untuk  majikan. Dalam kehidupan sehari-hari kita sering menyaksikan, banyak orang yang diperlakukan seperti ayam kampung. Bekerja keras tanpa apresiasi memadai, hanya untuk memperbesar pundi-pundi majikan.

Parahnya lagi, kebodohan ayam membuatnya sering dimanfaatkan sebagai objek aduan. Ayam dipaksa berkelahi sampai mati di gelanggang perjudian hanya untuk pemuas nafsu para penjudi sabung ayam.  Ironisnya, kadang ada manusia yang mau  diperlakukan seperti ayam aduan.

Silakan baca juga  Binatang Tidak Boleh Diperlihara.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *