Makanan Jumbo

Bagi pemburu kuliner (kata halus ‘doyan makan’), menyantap makanan jumbo bukan persoalan. Baginya makanan itu hanya dua macam: enak dan enak banget. Dari manapun asal makanan: Aceh, Batak, Padang, Palembang, Sunda, Yogyakarta, Solo, Madiun, Lamongan, Makasar, Lombok,  Bima, Banjarmasin, Manado,   semuanya enak

Namun bagi mereka yang memiliki perut ukuran biasa pasti akan kaget melihat masakan di bawah ini. Bukan karena tidak enak, tapi  porsinya terlalu banyak.

Lontong Orari 300x225 - Makanan Jumbo
Lontong Orari

Misalnya Lontong Orari di Kota Banjarmasin. Lontong  ini sebenarnya sama dengan lontong sayur pada umumnya, yaitu lontong yang diberi kuah nangka muda seperti opor. Bedanya, lontong ini berbentuk segitiga dengan ukuran jumbo.   Sebagai pelengkap, di atasnya ditambah potongan gorengan ikan haruan (nama salah satu jenis ikan gabus) dan sebutir telur rebus.

Makanan ini begitu populer bagi masyarakat Banjarmasin, Kalimantan Selatan, sehingga pejabat, artis, maupun turis biasa yang berkunjung ke Banjarmasin, terasa belum lengkap kalau belum mencicipi Lontong Orari.

Bakso raksasa 300x225 - Makanan Jumbo
Bakso Raksana

Bakso Raksasa, Depok.  Bakso  ini adalah bakso urat dan daging sapi  dengan ukuran besar (raksasa). Bumbu kuahnya pun sama seperti bumbu kuah bakso biasa.  Satu porsi bakso raksasa setara empat porsi bakso biasa, sehingga bagi yang memiliki perut biasa saja akan sulit menghabiskannya.  Ukuran baksonya sangat besar, sehingga sebutir bakso bisa untuk makan bertiga.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *