Meliput Fakta Peristiwa

Meliput fakta peristiwa artinya melakukan pengadaan bahan berita dengan cara menyaksikan langsung peristiwa terduga maupun tak terduga. Peristiwa terduga adalah kejadian yang sudah bisa diduga kapan dan dimana akan terjadi. Sedangkan peristiwa tak terduga adalah kejadian tiba-tiba tanpa pernah bisa diduga sebelumnya.

Peristiwa  bisa diduga karena sudah terjadual, seperti acara: serimonial, sidang,  olahraga, kesenian,  pameran, konferensi pers, dan seminar. Peristiwa juga bisa diduga karena sudah ada gejala  akan terjadi, seperti gerhana atau banjir di sebagian Jakarta karena kiriman dari Bendungan Katulampa Bogor.

Yang harus dilakukan wartawan

Membidik objek 150x150 - Meliput Fakta PeristiwaWartawan harus peka terhadap setiap peristiwa yang layak dijadikan berita, sehingga bisa datang ke tempat kejadian secepatnya. Dia harus mampu mengamati setiap detail peristiwa secermat mungkin. Juga harus bisa menghubungi semua sumber berita yang terlibat,  yang melibatkan diri, maupun yang menyaksikan peristiwa  tersebut.

Selama berada di tempat peristiwa, harus mampu mengumpulkan informasi yang bisa menjawab pertanyaan 5W + 1H tentang peristiwa tersebut.

  • What (apa), yaitu menjawab pertanyaan tentang apa yang terjadi dan apa yang sebenarnya terjadi dalam peristiwa tersebut. Juga apa pendapat sumber berita tentang peristiwa yang dialaminya, pendapat sumber tentang peristiwa yang disaksikannya, dan atau pendapat sumber tentang peristiwa yang sedang ditanganinya.
  • Who (siapa), yaitu menjawab pertanyaan tentang siapa saja yang terlibat dalam peristiwa tersebut. Siapa sebenarnya Razia parkir 150x150 - Meliput Fakta Peristiwamereka itu? Juga menjawab pertanyaan tentang siapa saja sumber berita yang menyampaikan pendapatnya kepada kita.
  • Where (dimana), yaitu menjawab pertanyaan tentang dimana tepatnya peristiwa itu terjadi. Juga menjawab pertanyaan dimana sumber mengemukan pendapatnya.
  • When (kapan), yaitu menjawab pertanyaan kapan sebenarnya peristiwa itu terjadi. Kapan mulai dan berakhirnya peristiwa itu. Juga menjawab pertanyaan kapan sumber menyampaikan pendapatnya kepada wartawan.
  • Why (mengapa), yaitu menjawab pertanyaan tentang mengapa peristiwa tersebut bisa terjadi. Juga menjawab pertanyaan mengapa si sumber menyampaikan pernyataannya.
  • How (bagaimana), menjawab pertanyaan bagaimana proses sebelum kejadian, selama kejadian, dan setelah kejadian. Juga menjawab pertanyaan bagaimana suasana ketika sumber menyampaikan pernyataan.
Cek dan ricek

Dalam meliput peristiwa, wartawan harus yakin bahwa setiap detail informasi yang diterima merupakan fakta. Maka hendaknya dilakukan verifikasi dan validasi terhadap informasi tersebut. Istilah di kalangan wartawan, lakukan cek dan ricek untuk meyakinkan bahwa: 1) informasi yang ditema benar ada faktanya, 2) setiap detail informasi semuanya fakta, 3) tidak ada fakta lain yang luput dari liputan kita.

Hati-hati  sumber berita

Jokowi Tanah Abang 150x150 - Meliput Fakta PeristiwaSetiap sumber yang menyampaikan informasi pada wartawan tentu punya motif, maka hati-hati terhadap informasi yang bisa menyesatkan bahkan mencelakakan kita. Pilih sumber yang benar-benar kompeten dan kredibel, yaitu sangat mengetahui tentang informasi tersebut serta dapat dipercaya pannya.

Kedua syarat tersebut multak harus dimiliki sumber berita kita, karena meski dia kompeten, bila tidak kredibel,  maka informasi yang disampaikannya cenderung tidak bisa dipercaya. Juga bila dia tidak kompeten, maka informasi yang disampaikannya tentu kurang lengkap dan cenderung salah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *