Pelacuran Tanah Abang

Seorang teman ingin tahu komens saya terhadap banyaknya  tenda di Jalan Jati Baru Tanah Abang. “Ah biasa aja!” kata saya. Wajah teman berubah kecut, nampak  keheranan di wajahnya melihat saya yang seolah hilang kepedulian. Soalnya jika membicarakan tentang tenda di Tanah Abang, persepsi saya soal pelacuran.

IMG 20171120 105916 150x150 - Pelacuran Tanah Abang
Hotel Murah di Jalan Jati Baru

Saya ceritakan, selama delapan tahun  pulang pergi lewat Tanah Abang, saya biasa melihat tenda di sekitar  Tanah Betawi  yang  memiliki pasar tekstil terbesar di Asia Tenggara tersebut. Terutama ketika kebetulan pulang malam.

Sebagai penumpang commuter line, saya biasa menyaksikan tenda-tenda  berjejer sepanjang rel di bawah dua  jembatan.  Bila malam selalu  ada dangdutan di tenda besar dan dut-dutan di tenda-tenda kecil.  Semua kegiatan tersebut bisa dilihat dari kereta sedang berjalan.

Tenda Anies Baswedan
IMG 20180201 114401 225x300 - Pelacuran Tanah Abang
Tenda di Jalan Jati Baru

Saya tahu tenda yang dimaksud, yaitu tenda  untuk pedagang kaki lima yang disediakan Gubernur Anies Baswewan di sepanjang ruas Jalan Kali Baru, Tanah Abang. Memang kebijakan tersebut kelihatan aneh. Kok ada jalanan ibu kota yang dibangun dengan banyak  biaya  dan tenaga, hanya dijadikan tempat berjualan. Akibatnya angkot dan ojek yang biasa melintas di jalan tersebut tak bisa membawa penumpang. Pendapatan mereka pun jadi jauh berkurang. Maka wajar jika kemudian sopir angkot  unjuk rasa hingga memblokir jalan.

IMG 20180123 111434 150x150 - Pelacuran Tanah Abang
Salpol PP Tanah Abang

Tapi bukan kompetensi saya menanggapi karena bukan warga Jakarta. Lagian  yang menarik  perhatian saya di  Tanah Abang  bukanlah   masalah pedagang kaki lima, tapi persoalan pelacuran!

Di sepanjang jalan Jalan Jati Baru, Tanah Abang, baik pagi, siang, maupun malam, tak peduli bulan Ramadhan,  banyak terlihat  pelacur jalanan yang biasa menyapa ramah: Mampir Bang!Tiap malam terlihat ada tenda hitam dengan  tulisan PIJAT. Tidak  jelas apa yang dipijat dan bagaimana cara memijatnya. Gelap!

Juga bila malam, terutama malam Minggu, di Jembatan Tinggi dan sekitar selalu terlihat  cewek mesum  berkeliaran. Mereka terang-terangan  menjajakan badan. Bahkan di dekat jembatan terdapat komplek pelacuran liar yang tak tersentuh penertiban.

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *