Tersinggung dan Tersungging

Tersungging 150x150 - Tersinggung dan Tersungging
                   Tersungging

Tersinggung dan tersungging  hampir sama. Sama-sama spontan mengekspresikan sikap seorang  terhadap suatu persoalan.  Bedanya, reaksi orang tersinggung biasanya nampak atraktif, kadang  disertai kata makian dan ancaman. Sedangkan reaksi  orang tersungging agak kalem, tanpa ucapan.

Biasanya orang yang gampang tersinggung  memiliki emosi yang tinggi  dengan pengendalian diri yang rendah. Orang seperti  ini diindikasikan memiliki EQ alias Emotional Quotient rendah. Ciri orang yang EQ-nya rendah adalah: gampang stress, tidak tegas pada diri sendiri, tidak mengenal emosinya sendiri, mudah berasumsi dan sangat mempercayai asumsinya sendiri, menyimpan dendam, sangat sering jatuh pada kesalahan yang sama, sering salah paham pada orang lain, tidak mengenal dirinya sendiri, tanpa ekspresi malah tidak bisa marah, menyalahkan orang lain akan apa yang dirasakannya, dan gampang tersinggung. (read)

Sedangkan reaksi orang tersungging cenderung tenang, kadang hanya senyum sendiri tanpa diekspresikan pada orang. Biasanya orang seperti ini  memiliki ruang kehidupan yang luas, sehingga  mampu mengendalikan diri. Dia bisa menjaga emosinya agar  tidak berlebihan.   Namun orang yang senyumnya tersungging belum tentu EQ-nya lebih tinggi dibanding orang yang gampang tersinggung.  Dalam bahasa jawa senum tersungging disebut senyum mesem. Perempuan yang sering tersenyum  dengan gaya tersungging,  biasanya kurang jujur, cenderung egois, dan lebih menentingkan diri sendiri dalam hal apapun. (read)

Lebih baik tersungging

Kalau dibandingkan, memang lebih baik tersungging dibanding tersinggung. Orang yang gampang tersinggung akan sulit bersosialisasi di tengah masyarakat heterogen. Berada di tengah banyak orang  akan banyak  pula perbuatan dan perkataan orang yang membuatnya tersinggung. Sedangkan orang yang mudah  tersungging agak gampang mendapatkan teman. Orang seperti ini biasanya supel, karena bisa menyembunyikan ketersinggungan. Memandang wanita yang di wajahnya tersungging senyuman bisa membuah suasana hati jadi adem.

Namun harus diingat, senyum tersungging  biasanya penuh misteri dan mengandung banyak pengertian. Susah ditebak, apakah hatinya  sedang gundah atau senang.  Contoh  senyum tersungging istri Setya Novanto, Deisti Astriani Tagor  seusai menjenguk suaminya di penjara, siapa yang mampu menebak maknanya??

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *